Penyebab Keloid Membesar

Penyebab Keloid Membesar

Penyakit keloid merupakan bagian kulit yang menggelembung dan berbentuk mengkilap yang muncul setelah luka seseorang sembuh. Penyebab keloid akibat proliferasi yang bisa tumbuh pada jaringan fibrosa. Bentuk keloid memiliki warna yang lebih coklat dari warna kulit asli. Setelah luka mengalami penyembuhan, pada umumnya yang muncul adalah jaringan parut. Namun bagi seseorang yang tubuhnya terlalu banyak memproduksi kolagen maka akan tumbuh keloid dan ini bisa muncul jika saat menjalani proses penyembuhan luka.

Penyebab Keloid Membesar

Penyebab Keloid yang muncul dalam diri seseorang menjadi sebuah hal tidak sedap untuk dipandang mata dan bisa memberi rasa tidak nyaman terlebih karena keloid juga bisa menjadi sangat besar dalam ukuran dan bentuknya. Selain munculnya rasa tidak nyaman, keloid juga kerap mengganggu karena bisa menimbulkan rasa gatal yang berkepanjangan, bahkan akan terasa nyeri saat disentuh atau dipegang. Penyebab keloid gatal yang muncul pada area terbuka bagian tubuh wanita sudah pasti akan memberikan rasa tidak percaya diri yang besar. (Obat penghilang keloid yang cepat)

Penyebab keloid terbaru berpotensi dapat tumbuh didalam bagian tubuh manapun. Tetapi bagian yang paling kerap munculnya keloid adalah pada daerah bagian punggung, daun telinga, dada dan bagian bahu. Untuk bagian wajah keloid kerap muncul dibagian daerah bawah mulut. Pada bagian telinga keloid juga kerap berbentuk benjolan dibelakang atau dibagian depan telinga, penyebab keloid timbul akibat luka setelah melakukan tindakan tindik telinga.

Cara Membedakan Keloid Dengan Jaringan Parut

Tidak begitu sulit unyuk membedakan penyebab keloid membesar dan jaringan parut, karena secara kasat mata bisa dilihat saat proses penyembuhan luka itu terjadi. Setelah mendapatkan luka, biasanya akan muncul jaringan parut di bagian bekas luka yang semakin lama juga akan semakin mengecil dan juga menghilang. Pengobatan dengan menggunakan steroid dapat untuk mempercepat proses penyembuhan seperti ini. Namun jika bekas luka anda membesar sampai melebihi batas luka, hal ini kemungkinan adalah munculnya jenis keloid. Penyebab keloid 2010 yang muncul pada tubuh seseorang saat ini akibat peradangan lokal pada area kulit akibat bekas operasi, tindakan melakukan tato atau tindikan pada tubuh, dan juga luka bakar.

Penyebab Keloid Dapat Membesar

1. Pengaruh Buruk Lingkungan
Penyebab keloid bisa membesar yang pertama adalah pengaruh buruk lingkungan. Kondisi lingkungan sangat menentukan kesembuhan dari penyakit keloid tersebut. Jika kondisi lingkungan baik, maka penyakit keloid dapat sembuh dengan mudah. Namun jika lingkungan kurang mendukung seperti lingkungan kotor, terdapat banyak polusi dan lain sebagaianya. Maka akan menyebabkan penyakit keloid sulit sembuh, bahkan bisa menyebabkan keloid semakin membesar.

2. Radiasi
Mungkin banyak diantara anda yang mengenal radiasi hanya dalam dunia medis saja, seperti radiasi sinar X, sinar gamma dan lain sebagainya. Namun sebenarnya radiasi tidak hanya sebatas pada dunia medis saja. Karena dilingkungan kita hidup sehari-hari ini sebenarnya banyak sekali radiasi. Salah satu radiasi yang sangat berbahaya bagi penyakit keloid adalah radiasi sinar Ultraviolet (UV). Sinar UV ini menjadi sangat berbahaya bagi penderita keloid terjadi karena dapat menimbulkan penyakit tersebut semakin membesar dan bahkan bisa menyebabkan munculnya penyakit berbahaya lainnya. Seperti tumor ataupun kanker.

3. Kurangnya Berolahraga
Olahraga sangatlah efektif agar tubuh mampu melakukan metabolisme secara maksimal. Akan tetapi jika tubuh tidak sering digunakan untuk berolahraga, anda akan menyebabkan tubuh sulit melakukan metabolisme dan regenerasi sel terbaru. Terlebih pada area penyakit keloid. Maka banyak sekali penderita penyakit keloid yang mengalami pembesaran jaringan parut.

4. Konsumsi Makanan Yang Kurang Sehat
Selain olahraga dan faktor lingkungan. Makanan ternyata juga menyumbang pengaruh yang besar terhadap penyebab keloid dapat membesar. Dimana makanan makanan yang buruk seperti makanan instan, makanan berlemak tinggi, alkohol dan lain sebagainya sangatlah tidak baik dikonsumsi penderita penyakit keloid. Karena selain menyebabkan penyakit keloid membesar. Makanan tersebut juga bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

Itulah beberapa penyebab Keloid dapat membesar. Bagi anda yang terkena penyakit keloid mari sharing dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *