Cara Agar Tidak Tertular Flu Saat Berpuasa

Cara Agar Tidak Tertular Flu Saat Berpuasa

Cara Agar Tidak Tertular Flu Saat Berpuasa

Perubahan cuaca yang ekstrem dan tidak menentu membuat tubuh rawan terserang berbagai penyakit, khususnya flu. Flu mudah menyerang ketika kekebalan tubuh anda sedang menurun. Dampaknya tidak hanya mempengaruhi nafsu makan, namun flu juga membuat tubuh anda terasa lemas dan tidak bersemangat. Terlebih jika anda sedang menjalani puasa, tentu hal ini akan membuat tubuh anda semakin tidak bertenaga.

Oleh sebab itu, simak beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah sakit flu saat puasa berikut ini.

1. Penuhi Asupan Nutrisi Saat Sahur dan Berbuka

Ketika berpuasa, anda harus mengontrol asupan nutrisi dan vitamin dalam makanan saat berbuka dan sahur. Terutama vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh agar tidak mudah sakit flu saat puasa seperti vitamin A, C, E, Dan Zinc.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama berpuasa adalah ubi jalar, salmon, daging, rendah lemak, ayam, maupun sapi, yoghurt, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat ramuan ramuan dari campuran jahe, lemon, madu, dan kayu manis yang bisa dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mencegah dan mengobati flu saat puasa.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Selama berpuasa, banyak orang yang cenderung memilih mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula dibandingkan dengan air putih. Hal inilah yang membuat orang yang berpuasa mudah mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, anda harus berusaha memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih saat sahur dan berbuka.

3. Konsumsi Suplemen Pelengkap

Ada beberapa orang yang kesulitan memenuhi asupan nutrisi dan vitamin selam puasa dikarenakan sulitnya mengontrol asupan makanan. Jika ini masalahnya, anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang dikonsumsi ketika berbuka dan sahur.

Pastikan jika suplemen yang anda konsumsi memiliki kandungan vitamin C dan Zinc yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun agar terhindari dari serangan penyakit, contohnya Redoxon Double Action.

4. Menggunakan Masker

Virus penyebab flu mudah sekali menyebar ditempat umum yang ramai, terlebih saat siang hari dan cuaca panas. Jika anda memang diharusakn berada di tempat ramai, lindungi diri anda dengan menggunakan masker selama berada ditempat umum. Jangan lupa juga gunakan hand sanitizer agar tidak terinfeksi kuman dan bakteri setelah makan kontak dengan orang lain dan fasilitas umum.

5. Rajin Cuci Tangan

Meski terkesan sederhana, cuci tangan memiliki manfaat kesehatan yang baik loh. Jika dilakukan secara rutin setiap sebelum makan, ketika ketoilet, ataupun saat atau setelah mengerjakan sesuatu, hal ini terbukti mampu mengurangi risiko infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk flu dan pilek.

Jadi mulai sekarang, biasakan lah diri anda untuk mencuci tangan pakai sabun, dan lakukan seseuai petunjuk cuci tangan yang bnar. Selain cuci tangan, anda juga harus menjaga kebersihan disekitar rumah ataupun kantor agar terhindari dari risiko perkembangan bakteri.

6. Olaharaga

Puasa bukan menjadi hambatan untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Selain membuat badan bugar, okahraga juga mampu mencegah anda terhindar dari berbagai macam penyakit selama berpuasa.

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, yoga, ataupun naik turun tangga. Waktu yang ideal untuk melakukan olahraga adalah satu jam menjelang berbuka, namun waktu olaharaga ini tergantung ketahanan tubuh masih masing individu, yang terpenting setelah melakukan olaharaga anda tidak merasa lemas, pusing ataupun pingsan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *